Pantai Tamban | Wisata Malang Jawa Timur

Pantai Tamban merupakan salah satu sektor pariwisata yang berkembang di Jawa Timur. Ya, bila berbicara mengenai daftar pantai di Indonesia memang tidak ada habisnya. Indonesia sendiri dikenal dengan tempat-tempat yang indah tidak terkecuali pantai. Lihat saja antusias masyarakat saat mengunjungi pantai. Bahkan saat pada masa liburan banyak keluarga yang memilih pantai sebagai tujuan wisata.

Pantai cantik Tamban adalah wisata alam yang letaknya di pesisir selatan. Tepatnya pantai ini berada di tepian Samudra Indonesia. Bila dilihat dari sisi administratifnya, Tamban masuk ke dalam Desa Tambakrejo. Desa ini masih satu lingkup dengan Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Malang, Jawa Timur. Tidak jauh dari desa tersebut masih ada Pantai Sendang biru.

Jaraknya kurang lebih sekitar 65 km dari wilayah Kota Malang. Untuk mencapai pantai indah tersebut Anda membutuhkan waktu 2 jam perjalanan dengan memanfaatkan kendaraan bermotor. Apabila start awal Anda dari Sendang Biru waktu yang dibutuhkan hanya sekitar 30 menitan untuk menuju Pantai Tamban. Kisaran waktu tersebut akan Anda habiskan untuk memutari jalan sejauh 10 km.

Nah, bagaimana bila Anda mengawali perjalanan dari pusat Kota Malang? Jangan khawatir karena perjalanan Anda tidak terlalu jauh lho. Anda hanya perlu menuju ke Pantai Sendang Biru. Bila jarak sudah mencapai kurang dari 5 km Anda dapat berbelok ke arah kiri untuk menuju Tamban. Di persimpangan jalan juga terdapat petunjuk arah yang memudahkan perjalanan Anda.

Sejarah Wisata Pantai Tamban

Memasuki kawasan wisata tidak lengkap tanpa mengulik informasi mengenai sejarahnya. Umumnya, masing-masing tempat wisata memiliki sejarah yang panjang hingga akhirnya populer di kalangan masyarakat. Beberapa tempat wisata di Indonesia juga terkenal lantaran kisah-kisah seputar spot tersebut. Sejarah spot wisata pada akhirnya menjadi daya tarik tersendiri bagi setiap orang yang mengunjunginya. Termasuk sejarah Tamban di Malang.

Sejarah pantai Tamban berawal dari tahun 1800an. Tamban sendiri diambil dari Bahasa Jawa yaitu tombo. Dalam bahasa Indonesia kata tombo diartikan sebagai obat. Lantas kira-kira apa hubungan obat dengan pantai cantik tersebut? Konon, dahulu kala terdapat hutan tidak jauh dari area pantai. Di hutan tersebut terdapat beberapa penduduk yang bermukim.

Pada suatu ketika ada beberapa penduduk yang hendak membabat hutan. Dari beberapa penduduk tersebut ada tiga kyai ternama yaitu Kyai Ngastowo, Mangun dan Yaser. Sebelum membabat hutan tersebut ketiga kyai terlebih dahulu meminta izin kepada sesepuh Desa Suwaru. Setelah mendapat izin dari Kyai Truono Sumitro maka pembabatan hutan dilanjutkan bersama penduduk lainnya.

Sayangnya, di tengah proses membabat hutan ketiga kyai tersebut merasa lelah dan kehausan hingga ini jatuh sakit. Pada saat itu sangat sulit mencari air bersih untuk diminum. Sehingga air sungai yang kotor tetap diminum. Kemudian para kyai menemukan pantai dan mencoba mengonsumi airnya. Tidak disangka air pantai tersebut menjadi obat ketiga kyai yang jatuh sakit.

Keunggulan Wisata Pantai Tamban

Selain seputar sejarahnya, Anda yang berlibur di tempat wisata tentu penasaran dengan keunggulannya bukan? Ya, hal ini wajar saja mengingat liburan bertujuan untuk merefresh pikiran. Rutinitas yang padat setiap harinya tidak jarang membuat Anda jenuh. Untuk menghilangkan kejenuhan tersebut Anda bisa memilih pantai sebagai destinasi liburan bersama kawan maupun keluarga.

Semua kawasan wisata pastinya memiliki keunggulannya masing-masing. Semakin banyak keunggulan yang ditawarkan maka daya tarik pengunjung menjadi besar. Jangan salah meskipun merupakan destinasi wisata lokal namun pantai cantik Tamban memiliki keunggulan yang tidak kalah menarik dari spot lainnya di Indonesia. Sehingga Anda yang memasuki area wisata ini sejenak dapat melupakan beban rutinitas.

Keunggulan Pantai Tamban terletak pada keindahan alam yang disajikan. Air pantai dari kejauhan tampak terlihat berwarna biru. Sementara itu, pasirnya sangat lembut dapat Anda mainkan. Di sekitar pantai terdapat deretan pohon yang berjajar sehingga menambah kesan sejuk para wisatawan. Keunggulan lainnya terlihat dari tersedianya penginapan di sekitar area wisata Tamban.

Meski penginapan tidak berupa hotel namun Anda masih dapat menginap di perumahan kayu yang sudah disediakan oleh pengelola. Harga penginapan untuk setiap kamar bisa bervariasi. Hal ini tergantung pada tipe kamar dan fasilitas yang akan Anda dapatkan. Misalnya saja kamar elegan yang muat dua orang. Ada pula kamar yang mirip seperti asrama untuk 10 orang.

Harga Tiket Masuk Pantai Tamban

Pada dasarnya setiap memasuki kawasan wisata Anda akan mendapati pembelian tiket. Beruntungnya di Indonesia harga tiket untuk kawasan wisata tidaklah mahal. Sehingga setiap orang dapat memasuki tempat wisata tersebut tanpa terbebani dengan harga tiket yang mahal. Tiket menjadi salah satu wujud dari perhatian pengunjung untuk pelestarian tempat wisata yang dikunjungi.

Besar kecilnya tiket biasanya tergantung dari tempat wisata yang Anda kunjungi. Oleh karena itu, masing-masing spot wisata memiliki tarif tiket masuk yang bervariasi. Begitu pula dengan kawasan Pantai Tamban. Bagaimana dengan tiket masuk menuju lokasi wisata Tamban dewasa ini? Untuk memasuki area pantai, Anda hanya perlu mengeluarkan biaya sebesar Rp. 6000. Terjangkau bukan?

Hanya bermodal uang 6 ribuan Anda dapat menikmati keindahan obyek wisata pantai yang satu ini. Terlebih hasil penjualan tiket digunakan untuk membantu peningkatan fasilitas yang ada di dalam area wisata. Dengan fasilitas yang disediakan, liburan Anda dan keluarga semakin nyaman. Menariknya, Anda tidak akan ditarik biaya lagi saat menggunakan fasilitas yang ada di kawasan pantai.

Beberapa fasilitas yang akan Anda temui saat berwisata di Tamban yaitu mushola, lahan parkir yang luas, kamar mandi umum, deretan kendai makanan dan minuman. Di beberapa spot Anda juga akan mendapati penyewaan tenda maupun perahu. Deretan fasilitas tersebut tentu saja tidak sebanding dengan harga tiket yang sangat terjangkau untuk semua pengunjung pantai.

Kegiatan Wisata di Pantai Tamban

Tempat wisata terlihat menarik apabila di dalamnya banyak kegiatan yang bisa dilakukan oleh para pengunjung. Apakah Anda setuju dengan hal tersebut? Bila Anda setuju maka Pantai Tamban menjadi destinasi wisata yang pas. Bagaimana tidak, pantai yang satu ini tidak hanya indah namun juga menjadi tempat terbaik untuk melakukan berbagai macam aktivitas.

Bila Anda bosan berkeliling di pinggir pantai tidak ada salahnya mencoba melakukan sejumlah aktivitas wisata. Memancing adalah salah satu aktivitas yang paling sering dilakukan di Tamban. Pengelola pantai sudah menyediakan tempat memancing yang asyik bagi para wisatawan. Anda pun bisa berkesempatan memancing ikan bersama nelayan lokal. Bila beruntung Anda dapat membawa hasil tangkapan tersebut.

Selain memancing, kegiatan wisata yang bisa Anda ikuti adalah menikmati pemandangan di atas perahu. Di sekitar pantai sudah disediakan deretan perahu wisata yang disewakan. Untuk menikmati wahan perahu tersebut Anda hanya perlu mengeluarkan biaya sebesar 15 sampai 20 ribu saja. Dengan tarif yang terjangkau nelayan akan membawa Anda mengitari pantai hingga pesisir pulau Sempu.

Nah, itulah destinasi wisata alam yang ada di Malang, Jawa Timur. Berwisata tidak harus pergi ke luar negeri atau menghabiskan biaya yang mahal. Di dalam negeri pun Anda masih bisa mendapati ribuan tempat wisata yang menarik, indah dan menakjubkan. Jadi, sudah siapkah Anda liburan di Pantai Tamban Malang?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *