Kawah Ijen | Wisata Banyuwangi 2019

Dari sekian banyak destinasi wisata di Indonesia, kawah ijen merupakan salah satu yang paling populer. Spot wisata satu ini tidak hanya populer di kalangan para wisatawan domestik, tapi juga di kalangan wisatawan luar negeri. Setiap harinya selalu saja ada wisatawan yang berkunjung untuk menikmati keindahan destinasi wisata satu ini. Apakah anda pernah mengunjunginya juga?

Karena lokasinya yang berada di perbatasan, Ijen terletak di dua kabupaten yang berbeda. Tak heran jika kemudian klaim orang orang akan lokasi wisata belerang ini berbeda-beda. Ada yang mengatakannya di Bondowoso, ada juga yang mengatakannya berada di Banyuwangi. Ini memang tidak salah. Pada intinya kawah satu ini dihimpit oleh kedua kabupaten tersebut.

Bagi anda yang sudah berencana untuk mengunjungi spot wisata satu ini, anda bisa menjangkaunya dengan mudah. Akses jalan menuju ke kawah ijen sudah direkonstruksi secara maksimal sehingga nyaman untuk dilalui. Hanya saja anda harus memilih jalur yang tepat untuk mengunjunginya. Hal ini dikarenakan ada jalur lain yang lebih pendek, namun membutuhkan keberanian lebih untuk melewatinya.

Kalau anda melewati jalur yang normal via Situbondo, jalan yang anda lalui akan jauh lebih mudah. Anda hanya perlu meluangkan waktu selama dua hari saja untuk bisa menikmati semua spot yang ada di destinasi wisata satu ini. Agar lebih mudah untuk mengunjunginya, sepertinya beberapa paduan lengkap wisata Ijen di bawah ini wajib untuk anda ketahui.

Bagaimana Kondisi di Kawah Ijen Sebenarnya?

Bagi anda yang belum pernah berkunjung ke spot wisata satu ini, sangat penting untuk mengetahui bagaimana kondisi sebenarnya dari wisata ijen sebenarnya supaya tidak kaget. Pertama dari segi cuaca. Perlu anda tahu, cuaca di kawasan wisata Gunung Ijen ini cukup untuk membuat anda menggigil. Bagaimana tidak, cuaca di lokasi satu berkisar antara 2 hingga 12 derajat celcius saja.

Belum lagi dengan angin besar yang meliputi seluruh kawasan wisata kawah ijen ini. Karena berada pada ketinggian 2443 Mdpl, sudah pasti angin yang sangat kencang ini membuat suhu udara menjadi semakin menusuk terutama pada malam hari. Hal ini justru berbanding terbalik dengan suhu kawah yang mencapai 600 derajat celcius.

Tapi tentunya rasa dingin ini terbalas dengan kemunculan sunrise di pagi hari. Keindahan sunrise yang bisa anda nikmati di kawasan wisata Gunung Ijen memang sulit untuk dijelaskan dengan kata-kata. Dikutip dari berbagai sumber, waktu kunjungan terbaik ke kawasan wisata Gunung Ijen ini berada pada bulan Mei hingga Juni.

Hal ini dikarenakan sunrise di kawah ijen akan jauh terlihat lebih indah di bulan juni. Terlebih cuaca di sekitarnya juga menjadi lebih hangat pada waktu tersebut. Bagi anda yang membawa rekan dari luar negeri, anda tidak usah bingung. Pasalnya di kawasan wisata satu ini ada banyak sekali guide yang lancar berbahasa asing karena banyaknya wisatawan mancanegara yang datang.

Cara Menuju ke Kawasan Wisata Gunung Ijen

Untuk mencapai kawan wisata ijen tentu saja dibutuhkan perjuangan yang tidak mudah. Pasalnya perjalanan menuju kawah satu ini memakan waktu yang tidak sebentar. Tapi jika bicara rute, langkah pertama yang harus anda lakukan adalah mencapai Kabupaten Banyuwangi atau Sidoardjo. Anda bisa memilih perjalanan via darat ataupun via udara. Banyuwangi dan Sidoardjo memiliki bandara internasional yang aktif hingga sekarang.

Dari kedua kota ini, nantinya anda harus bertandang ke Taman Nasional Bromo Tengger – Semeru – Ijen. Disinilah titik perjalanan ke kawah ijen dimulai. Bagi anda yang berangkat dari Sidoardjo, anda harus melanjutkan perjalanan terlebih dahulu ke Banyuwangi. Perjalanan ini akan memakan waktu sekitar 7 hingga 8 jama tergantung kecepatan kedaraan anda.

Dari banyuwangi, anda hanya butuh waktu satu jam saja untuk mencapai kawasan wisata Gunung Ijen. Tapi berdasarkan lokasi peta, sebenarnya kawah satu ini jauh lebih dekat ke kawasan Bondowoso. Hanya saja belum ada jalan langsung dari sana. Jadi anda harus tetap memutar ke wilayah Paltuding dan kemudian melakukan perjalanan dengan berjalan kaki ke kawasan wisata Gunung Ijen ini.

Beberapa Spot Menarik di Kawasan Wisata Kawah Ijen

Kawasan ijen memiliki beberapa spot menarik yang wajib anda kunjungi saat anda berada di dalamnya. Spot menarik pertama sudah tentu merupakan trek menarik yang menuju ke kawasan wisata satu ini. Trek ini populer juga dengan sebutan penanjakan ijen. Pasalnya trek yang harus anda lewati dengan berjalan kaki memang menanjak dan berkelok-kelok. Di sepanjang perjalanan anda akan mendapati panorama yang sangat menggugah.

Tidak hanya itu saja, kawasan kawah juga menjadi salah satu spot yang paling menarik untuk dikunjungi. Selain menyuguhkan panorama yang sangat cantik, anda juga bisa merasakan langsung bagaimana cara para penambang belerang mencari nafkah di kawasan wisata Gunung Ijen ini. Berhubungan langsung dengan mereka sungguh merupakan bentuk wisata sosial yang sangat indah.

Untuk destinasi terfavorit di kawah ijen, anda akan bisa melihat fenomena bluefire di dalamnya. Nyala api biru abadi ini hanya ada dua di dunia. Satu di Islandia Eropa, dan satunya lagi ada di Ijen. Tak heran jika kemudian kawasan wisata satu ini selalu ramai dikunjungi oleh para wisatawan asing dan para peneliti yang penasaran akan nyala api biru abadi ini.

Hal ini juga dilengkapi dengan keindahan sunrise di puncak ijen. Hanya saja anda harus menginap disini untuk menikmatinya. Sunrise di kawasan wisata Gunung Ijen bahkan dianggap sebagai salah satu yang paling indah di dunia. Dari segi fasilitas, anda juga tidak perlu khawatir. Di kawasan wisata satu ini anda akan dengan mudah menemukan fasilitas makan, penginapan, tempat ibadah, MCK, dan lain lain.

Yang Harus Disiapkan Untuk Mengunjungi Ijen

Untuk mengunjungi kawah ijen, sepertinya biaya besar akan dibutuhkan pada saat perjalanan saja. Terutama bagi anda yang berada jauh dari Jawa Timur. Untuk biaya masuknya sendiri, anda hanya perlu merogoh kocek sebesar 15 ribu rupiah saja per orangnya. Hal penting lain yang harus anda siapkan mungkin adalah fisik yang kuat.

Pasalnya untuk mengunjungi kawasan wisata satu ini anda akan menghadapi perjalanan yang sangat menantang. Terlebih hal ini juga membutuhkan ketahanan fisik tingkat tinggi. Sangat baik jika anda melakukan latihan fisik ringan sebelum anda mengunjungi destinasi wisata satu ini. Terutama bagi anda yang sangat jarang berolahraga dan belu pernah mendaki gunung.

Bagaimana? Aoakah anda tertarik untuk berkunjung ke destinasi wisata satu ini? Jika iya, jangan lupa juga untuk menyiapkan pakaian yang sesuai dengan kondisi alam setempat. Pilih pakaian serta jaket tebal. Jangan lupa membawa syal atau masker untuk mengantisipasi gas beracun yang seringkali berkeliaran tanpa ijin di kawasan wisata Kawah Ijen ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *