Kaliwatu Rafting Pujon Batu | Paket Harga Terbaru

Kaliwatu rafting Malang merupakan sebuah objek wisata Batu Malang yang menyenangkan dan menarik untuk dilakukan pada saat liburan tiba. Nah, untuk lebih jelasnya mengenai tempat wisata yang satu ini, berikut pembahasan selengkapnya.

Mengenal Kaliwatu Rafting

Ada banyak sekali tempat wisata di kota Malang, bahkan telah menjadi pusat perhatian untuk setiap wisatawan yang datang. Nah, salah satu tempat wisata yang bisa anda kunjungi saat berada di Malang yaitu Kaliwatu rafting. Kaliwatu rafting atau disebut juga dengan arum jeram adalah sebuah wisata petualang dan olahraga yang sangat menguji adrenalin. Untuk anda yang tertarik dengan kegiatan rafting, maka tidak ada salahnya untuk menguji adrenalin di tempat ini. Memang Kaliwatu rafting menjadi salah satu rafting populer yang ada di Batu.

Bahkan, banyak wisatawan yang rela datang jauh-jauh dari luar kota hanya ingin menikmati wisata adrenalin ini. Aliran di sungai ini pun deras, dan air yang ada di sepanjang sungainya adalah aliran air dari sungai Brantas yang memang sudah terkenal derasnya. Ditambah lagi dengan rute rafting yang dapat menguji adrenalin anda. Bahkan aneka bebatuan dari mulai berukuran kecil sampai besar ada di sana, yang tentunya akan membuat arus semakin mudah untuk dimainkan. Selain itu, yang perlu anda ketahui bahwa objek wisata ini buka dari pukul 08.00 hingga 17.00 WIB setiap harinya.

Seperti pada umumnya bahwa wisata olahraga yang ada di Kaliwatu rafting ini, maka anda akan dilatih agar dapat mengetahui lebih jauh bagaimana kemampuan anda ketika di dalam air berupa kekompakan, keberanian, dan kemandirian. Anda pun jangan khawatir saat berada di sini jika terjadinya sesuatu hal yang memang tidak diinginkan. Hal ini dikarenakan semua tim yang ada di sini sudah profesional dan terlatih, termasuk dalam mengatasi hal yang memang berbahaya. Selain itu, di tempat wisata ini juga menawarkan Kaliwatu outbond, yang merupakan sebuah aktivitas berwisata yang bermanfaat untuk pendidikan dan pembelajaran di dalam diri maupun di dalam sebuah tim. Kaliwatu rafting biasanya akan ramai oleh pengunjung ketika akhir pekan maupun sehabis berlibur ke gunung Bromo. Ada banyak sekali wisatawan yang ingin berlibur ke tempat ini untuk melepas kepenatan.

Lokasi dan rute menuju Kaliwatu rafting

Berada di Jl. Pandanrejo, kecamatan Bumiaji, Batu, Jawa Timur, tentunya lokasi dari Kaliwatu rafting ini tidak memakan terlalu jauh dari alun-alun Batu, hanya sekitar 2 km, dan pastinya untuk mencapai lokasi tempat wisata ini tidaklah sulit untuk dilakukan. Dari pusat kota Malang untuk menuju ke tempat wisata ini memakan waktu sekitar 45 menit. Untuk rutenya sendiri, objek wisata ini dapat ditempuh menggunakan kendaraan pribadi atau menggunakan kendaraan umum. Jika anda berangkat menggunakan kendaraan pribadi, dari arah alun-alun Batu anda bisa berjalan menuju ke Jl. Raya Pandanrejo. Ketika sudah sampai, maka anda dapat memarkirkan kendaraan, kemudian berjalan kaki melewati pematang sawah sekitar 500 meter. Anda akan sampai di tempat wisata ini setelah berjalan kurang lebih selama 5 menit.

Jika menaiki kendaraan umum dari stasiun Malang atau terminal Arjosari, maka anda bisa naik angkot AL/ADL yang menuju terminal Landungsari. Kemudian anda bisa naik angkot BTL (yang berwarna ungu tua) atau angkot BL (yang berwarna ungu muda)  menuju terminal Batu. Nah, dari terminal ini anda dapat melanjutkan perjalanan dengan menaiki angkot BGK (kuning muda), dan setelah sampai di Jl. Pandanrejo, anda bisa turun di Kaliwatu Rafting.

Kegiatan 

Di tempat wisata Batu Malang ini terdapat beberapa konsep arum jeram yang mereka tawarkan, yaitu rafting untuk keluarga, perkantoran, pendidikan, hingga sport untuk yang sudah ahli. Bahkan, ada juga Kids rafting yang diperuntukkan khusus untuk anak-anak, dari mulai usia TK hingga SD. Arum jeram yang diperuntukkan untuk anak-anak mengutamakan prosedur keamanan yang tinggi. Selain itu, sisi edukasi sangat terasa di rute Kids rafting ini. Pihak pengelola menyiapkan jarak sungai kurang lebih sepanjang 7 km dengan durasi pengarungan adalah 1, 5 hingga 2 jam. Untuk Kids rafting, kontur sungainya menyusuri sungai Brantas melintasi beberapa desa yang meliputi kelurahan Sisir, desa Sidomulyo, kemudian kelurahan Temas, desa Pandanrejo.

Tidak hanya itu saja, terdapat juga rute rafting untuk anda yang menawarkan tingkatan yang lebih ekstrim, yang merupakan area Sahabat Air. Di sini pengarungan kontur sungai Brantas akan lebih tajam dan deras dengan durasinya adalah 2 sampai 3 jam. Selain itu, di beberapa titik Kaliwatu rafting ini anda bisa melakukan pemberhentian agar dapat beristirahat. Menariknya lagi, di rest area ini anda tidak hanya bisa melepas lelah saja, tetapi juga dapat melakukan wisata petik jambu. Anda hanya perlu merogoh kantong sedikit agar bisa menikmati kelezatan dari buah jambu yang menyegarkan yang merupakan hasil dari cocok tanam para petani yang berada di sekitaran sungai Brantas.

Bukan hanya itu saja, di beberapa lokasi pemberhentian lainnya anda pun dapat melakukan kegiatan lainnya, salah satunya terjun bebas dari balik bebatuan yang ada di pinggir sungai. Anda dapat melakukan terjun bebas ini setelah anda melewati jalur Aura Kasih yang merupakan aliran sungai yang berkelok-kelok. Untuk melakukan kegiatan rafting di Kaliwatu rafting, maka salah satu fasilitas yang disediakan adalah Donut Boat, dan pastinya perahu ini cukup berbeda, bahkan lebih jauh menantang dan memacu adrenalin  jika dibandingkan dengan mengguankan perahu karet yang digunakan dalam arum jeram.

Fasilitas yang disediakan

Di tempat wisata ini juga menawarkan beberapa fasilitas untuk memanjakan para wisatawan. Tujuannya adalah untuk membuat wisatawan semakin nyaman dan betah saat berlibur ke sini. Untuk lebih jelasnya, di bawah ini adalah beberapa fasilitas yang khusus disediakan pihak pengelola di tempat ini.

  • Peralatan rafting

Saat membeli tiket, maka anda akan mendapatkan peralatan rafting seperti helm, dayung, dan pelampung. Tidak hanya itu saja, anda juga akan mendapatkan snack, minuman, dan makan siang yang ada di rest area. Dengan begitu, anda tidak perlu khawatir dalam mencari warung makan.

  • Rafting guide

Untuk anda yang masih pemula, maka anda tidak perlu khawatir karena selain menyediakan perlengkapan yang safety, di sini juga terdapat guide atau instruktur yang dapat memandu selama anda mengarungi sungai. Dengan begitu, keamanan dan keselamatan akan lebih terjamin.

  • Briefing pengarungan

Sebelum anda masuk ke lintasan sungai, maka anda akan dikumpulkan terlebih dahulu. Anda akan dibriefing tentang kondisi lapangan serta kiat-kiat dalam melakukan arum jeram. Anda pun juga akan diarahkan untuk mengenakan safety guna meminimalisir kecelakaan yang kemungkinan saja terjadi.

Nah, itulah beberapa penjelasan singkat yang perlu anda ketahui mengenai objek wisata Batu Malang yaitu Kaliwatu rafting.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *