Coban Talun Batu Wisata & Outbound | Harga Tiket Masuk

Coban Talun adalah salah satu spot wisata air terjun yang berada di Malang. Obyek wisata air terjun ini memiliki tempat sendiri di hati masyarakat Jawa Timur khususnya Malang. Hingga saat ini Talun menjadi destinasi wisata favorit bagi banyak orang. Konsep wisata ini memadukan nuansa alami dan buatan. Sehingga cocok dijadikan sebagai tempat melepas lelah wisatawan.

Hubungi Nabila Tour

klik nomor untuk chat WA otomatis

081234534900

Menariknya, tidak hanya anak muda saja yang memilih liburan di sini. Pada musim liburan banyak pengunjung yang datang dari berbagai usia sampai orang dewasa sekalipun. Lokasinya sendiri berada pada ketinggian 1300 meter dari permukaan laut. Melihat ketinggiannya, udara di sekitar spot wisata tersebut terasa asri dan sejuk. Ditambah lagi pemandangan alam yang melengkapi kesan teduh.

Coban Talun memanjakan mata Anda dengan pemandangan alam dan air terjunnya. Beberapa wahana menarik juga bisa Anda nikmati selagi melepas penat di obyek wisata ini. Sebagai lokasi wisata air terjun Talun bisa dikategorikan kawasan wisata yang lengkap. Pasalnya di sekitar air terjun terdapat beberapa spot yang menarik untuk swafoto.

Anda yang menyukai wahanan permainan diciptakan untuk menarik minat para pengunjung yang datang. Jangan bersedih Anda yang gemar mengabadikan momen lewat selfie dapat memilih beberapa spot foto bernuansa alam. Kebahagiaan Anda semakin lengkap dengan mengambil selfie di bawah air terjun. Bebatuan di depannya melengkapi sisi eksotis foto Anda.

Spot Menarik di Coban Talun

Spot menarik pertama di wisata air terjun Talun yaitu kebun bunga. Kawasan yang satu ini identik dengan jajaran bunga yang indah. Saking menariknya, kebanyakan wisatawan mampir ke kebun bunga untuk mengambil swafoto. Hal ini wajar karena kebun bunga yang rapi sangat pas dijadikan sebagai background foto. Beberapa orang juga memilihnya sebagai lokasi pemotretan prewedding.

Karena variasi bunga yang ditanam banyak Anda pun bisa memanfaatkannya sebagai wisata edukasi. Anda dapat mengenal macam-macam bunga dan karakteristiknya lewat taman cantik ini. Beberapa jenis bunga barangkali belum pernah Anda lihat sebelumnya. Spot kedua di Coban Talun adalah Apache Camp. Spot ini sebenarnya lebih mirip dengan kampung Indian. Konsepnya sendiri diadaptasi dari suku Apache.

Apache Camp memanjakan mata Anda dengan pernak-pernik suku Indian. Di kawasan ini Anda bisa melihat jajaran rumah khas suku Indian yang unik. Setidaknya ada 20 Apache Camp yang tersedia. Ukurannya bisa mencapai 4 meter persegi. Ingin menginap di sini? Beruntungnya karena Anda dan pengunjung lainnya dapat menyewanya untuk penginapan. Harga sewanya tergantung kapasitas dan fasilitasnya.

Spot ketiga yaitu Pagupon Camp. Titik lokasi wisata ketiga ini sebenarnya merupakan sebutan untuk sangkar burung merpati. Pagupon Camp termasuk wahana baru di kawasan obyek wisata air terjun Talun. Keistimewaannya yaitu dapat Anda sewa sebagai penginapan. Ukurannya biasanya 4 x 3 meter. Ada sekitar 5 Pagupon Camp yang dapat Anda sewa. Masing-masing dilengkapi fasilitas.

Mitos Wisata Coban Talun

Siapa sangka selain terkenal dengan deretan spot wisatanya yang indah dan menarik, air terjun Talun juga menyimpan sisi miteri. Beberapa spot menarik di lokasi wisata ini konon dipenuhi dengan mitos. Bahkan ada pula mitos yang terkesan romantis. Sebagai contohnya mitos yang ada pada Jembatan Asmara. Jembatan Asmara sendiri lokasinya tidak jauh dari air terjun.

Jembatan Asmara merupakan penyeberangan yang menghubungkan kawasan air terjun dengan area check point. Jembatan ini dibangun dengan panjang mencapai 14 meter dan lebar sekitar 1 meter. Penyeberangan ini merupakan jembatan tradisional. Oleh karena itu jembatan tersebut dibuat dari perpaduan bambu dan kayu. Dibalik jembatan tersebut menyimpan cerita mitos yang menarik perhatian pengunjung.

Konon bila ada sepasang kekasih yang sanggup melintasi jembatan di Coban Talun ini bersama-sama maka hubungannya dipercaya bertahan lama. Karena cerita mitos tersebut hingga sekarang banyak pengunjung yang tertarik mencoba menyeberangi jembatan bersama pasangan. Apabila dicermati ulang dari sisi sejarahnya konon lokasi berdirinya jembatan tersebut menyimpan cerita sendiri.

Berdasarkan cerita yang berkembang di masyakarat sekitar konon jembatan ini merupakan area bertemunya dua tokoh. Kedua tokoh tersebut yaitu Jaya Nalendra dan Dewi Seruni. Tokoh ini dikenal pada masa Kerajaan Kediri. Menurut cerita Dewi Seruni bertemu dengan Jaya Nalendra di Jembatan Asmara. Dari kisah ini diketahui keduanya menjalin kisah kasih hingga akhir hayatnya.

Fasilitas Menarik di Coban Talun

Menelusuri kawasan wisata Coban Talun membuat mata semakin segar. Kenyamanan liburan Anda di arewa wisata ini didukung dengan fasilitas yang menarik. Tentunya fasilitas-fasilitas yang disediakan merupakan kebutuhan setiap pengunjung. Salah satu fasilitas yang paling menarik adaah penyewaan ATV. Untuk menyewa ATV Anda hanya perlu merogoh uang sebsar 30 ribu untuk durasi 15 menit.

Tidak jauh dari obyek wisata air terjun Talun juga terdapat penginapan. Penginapan tersebut terbagi menjadi beberapa jenis mulai dari hotel, resort dan homestay. Harga masing-masing penginapan biasanya disesuaikan dengan fasilitas yang ingin didapatkan. Tertarik untuk membeli di souvenir di tempat wisata ini? Anda hanya perlu menuju pertokoan di sekitar obyek wisata.

Di toko-toko souvenir tersebut terdapat beberapa barang yang bisa Anda jadikan sebagai souvenir untuk keluarga. Oleh-oleh ini misalnya saja aksesoris, baju dan peralatan buatan tangan khas masyarakat sekitar. Bagaimana dengan harga yang ditawarkan kepada Anda? Menyambangi kawasan ini tidak perlu takut kehabisa uang. Pasalnya harga souvenir yang ditawarkan sangat terjangkau.

Hanya dengan uang 10 ribu Anda bisa membawa pulang oleh-oleh khas tempat wisata air terjun Talun. Bila Anda merasa lapar di sekitar spot wisata juga disediakan café yang menyediakan masakan khas Malang. Di sini Anda bisa menyantap masakan khas Jawa Timur yaitu Rawon dan teh hasil kebun di Malang.

Rute Menuju Coban Talun

Obyek wisata Coban Talun terletak di Dusun Wonorejo dan masuk ke dalam Desa Tulungrejo. Kawasan tersebut masih satu lingkup dengan Kecamatan Bumiaji, Kota Batu di Jawa Timur. Untuk menuju lokasi wisata ini Anda dapat memilih dua cara. Kedua cara ini meliputi menggunakan transportasi umum dan kendaraan pribadi. Anda dapat memulai perjalanan dari Surabaya.

Dari arah Surabaya Anda dapat melanjutkan perjalanan ke arah Kota Mojokerto. Saat sampai di pertigaan Tuju Adipura perjalanan dilanjutkan ke arah Jalan Arilangga. Sesampainya di kawasan tersebut Anda akan diarahkan dengan berbagai macam petunjuk jalan. Sementara perjalanan menggunakan kendaraan umum bisa memilih alternatif bus maupun kereta api.

Sesampainya di Stasiun Malang Anda bisa melanjutkan perjalanan menuju Terminal Arjosari. Dari terminal ini nantinya Anda dapat beralih menggunakan angkot dengan tujuan Terminal Landungsari. Selanjutnya setelah sampai di Landungsari pilih angkutan umum tujuan Terminal Batu. Terakhir Anda dapat menaiki angkutan umum berwarna orang dengan tujuan wisata air terjun Talun.

Bila sudah sampai di lokasi wisata, Anda bisa membeli tiket sebesar 10 ribu rupiah. Tiket ini belum termasuk biaya parkir. Tarif parkir untuk parkir mobil sekitar 10 ribu rupiah. Sebaliknya untuk kendaraan roda dua biayanya sekitar 5 ribu rupiah. Masih terjangkau bukan untuk semua kalangan? Jadi, kapan Anda liburan Coban Talun bersama kawan?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *